Universitas Mulawarman Raih No. 1 Pemeringkatan TeSCA se-Kalimantan

Universitas Mulawarman sebagai salah satu PTN di Kalimantan Timur berhasil memperoleh Predikat Nomor 1 dalam pemeringkatan TeSCA – ICT’s Smartest Campus tahun 2013 dalam kategori MP3EI Wilayah Kalimantan, serta peringkat 82 Nasional naik 21 poin dari peringkat tahun sebelumnya. Penilaian TeSCA atas implementiasi TIK di Perguruan Tinggi meliputi kebijakan pimpinan, infrastruktur dan sumber daya TIK, pemanfaatan aplikasi dan konten yang dikembangkan, pengembangan SDM dan komunitas berbasis TIK, riset TIK serta green computing.

Dengan hasil pemeringkatan ini dan laporan yang dikirimkan pihak panitia, setiap perguruan tinggi dapat melihat hasil benchmark dan domain apa yang masih berada di bawah atau di atas rata-rata. Nilai rapor ini akan menjadi bahan evaluasi bagi perguruan tinggi untuk melakukan perbaikan.

Saat ini implementasi TIK di Universitas Mulawarman di kelola oleh Unit Pengelola Strategis (UPS) TIK. Bagi Kepala UPS.TIK peringkat ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri dimana keberhasilan ini tidak lepas dari andil besar SDM TIK yang 100% adalah putra-putri terbaik lulusan Program Studi Ilmu Komputer Universitas Mulawarman yang menjadi pengelola di unit yang menjadi ICT Center ini.

Program TeSCA merupakan bagian dari kegiatan CSR Telkom Indonesia yang didukung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti Kemdikbud), Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika & Ilmu Komputer (APTIKOM), dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas). TeSCA sudah dilakukan sejak 2008 sampai sekarang, PT Tempo Inti Media Tbk bergabung pada TeSCA 2012 sebagai media partner sekaligus penyelenggara kegiatan. Informasi dan data program TeSCA tahun-tahun sebelumnya dapat diakses melalui website www.tescaindonesia.org.

Share On :

Instalasi apache, mysql dan php tanpa soap di Ubuntu 12.04

Download paket – paket aplikasi yang akan digunakan pada server adalah sebagai berikut :

  1. httpd-2.4.3.tar.gz (Apache2) –> http://apache.tradebit.com/pub//httpd/httpd-2.4.3.tar.gz
  2. mysql-5.0.83.tar.gz –> http://mirror.provenscaling.com/mysql/community/source/5.0/mysql-5.0.83.tar.gz
  3. php-5.4.11.tar.gz –> http://www.php.net/get/php-5.4.11.tar.gz/from/id1.php.net/mirror
  4. zlib-1.2.7.tar.g –> http://zlib.net/zlib-1.2.7.tar.gz
  5. libpng-1.2.50.tar.gz –> http://prdownloads.sourceforge.net/libpng/libpng-1.2.50.tar.gz?download
  6. GD_2_0_33.tar.gz –> https://bitbucket.org/pierrejoye/gd-libgd/get/GD_2_0_33.tar.gz
  7. apr-util-1.5.1.tar.gz –> http://mirror.symnds.com/software/Apache//apr/apr-util-1.5.1.tar.gz
  8. apr-1.4.6.tar.gz –> http://mirror.symnds.com/software/Apache//apr/apr-1.4.6.tar.gz
  9. pcre-8.32.tar.gz –> http://sourceforge.net/projects/pcre/files/pcre/8.32/pcre-8.32.tar.gz/download Continue reading
Share On :