Kunjungan Kepala UPT TIK Unmul ke Data Centre UPT TIK Universitas Brawijaya

Bertepatan kegatan IdREN di Universitas Brawijaya, Kepala UPT TIK Unmul Dr. Hamdani berkunjung ke UPT TIK Universitas Brawijaya.Dimana kunjungan tersebut juga dihadiri beberapa kepala UPT TIK dari perguruan tinggi lainnya. Banyak yang didiskusikan dalam pengembangan UPT. TIK Unmul, baik itu di sisi pengembangan infrastruktur dan pangakalan data/sistem informasi, ujar Hamdani. Kebanyakan data centre yang maju di beberapa perguruan tinggi, pada umumnya kegiatan ICT universitas dierahkan ke UPT. TIK yang bertanggung jawab dalam tata kelola. Baik pengembangan-perawatan infrastruktur jaringan dan aplikasi. Diperlukan sinergi antar unit dalam pengembangan ICT ke depannya, ujar kepala UPT. TIK, lulusan Doktoral Universitas Gadjah Mada ini.

Dalam kesempatan ini juga hadir kepala UPT TIK Universitas Serang Raya, kepala UPT TIK Universitas Tanjungpura, kepala UPT TIK Universitas Lampung, kepala UPT TIK Universitas Negeri Yogyakarta, kepala UPT TIK Universitas Palangkaraya, kepala UPT TIK Universitas Negeri Malang, tim UPT TIK Institut Teknologi Bisnis ASIA Malang, Ketua IdREN, bpk Muzakir dari Indosat.

Jika melihat data centre pada UPT TIIK UB yang sudah memadai, dimana UPT TIK juga mempunyai layanan tepadu, helpdesk, pusat data dan lainnya sehingga patut di contoh UPT TIK lainnya. Diperlukan dana yang cukup besar dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk memperbaiki sistem yang sudah berjalan di UPT. TIK sehingga dapat bersaing dalam pengembangan perguruan tinggi di era industri 4.0 saat ini. Menurut Hamdani, tidak ada kata lain, selain mengintegrasiikan semua sistem dan mengembalikan hak pengelolaan ke UPT TIK sehingga memudahkan pengembangan ICT Universitas Mulawarman. Jika tidak, maka dikawatirkan Unmul akan terus tertinggal dalam pengembangan ICT di perguruan tinggi.