Program-Kerja-tahun-2022

Program Kerja 2021-2022 UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Mulawarman, Samarinda

Beberapa program kerja yang termasuk dalam lingkup bidang perencanaan dan organisasi, antara lain :

1. Penyusunan Detail Rencana Strategis TIK

Organisasi TIK harus memperhatikan budaya, struktur dan komunikasi internal dan eksternal yang dapat memenuhi kebutuhan Universitas, demikian pula halnya dalam penyusunan detail renstra TIK, yang mencakup:

  1. Identifkasi kebutuhan spesifik universitas terkait dengan spesifikasi perangkat keras dan lunak,serta anggaran biaya yang dibutuhkan;
  2. Melaksanakan penyesuaian sumber daya TIK untuk tujuan strategis

2. Penyusunan Organisasi TIK dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dibidang TIK, antara lain:

  1. Identifkasi kesesuaian dukungan dan layanan TIK dengan tujuan universitas;
  2. Identifikasi gap antara renstra universitas dan fungsi dukungan dan layanan TIK;
  3. Perumusan struktur, Tim, dan Sistem Kerja Pengembangan dan Pemeliharaan layanan TIK;
  4. Pemetaan Kompetensi dan Kualifikasi SDM bidang TIK;
  5. Melaksanakan sistem pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan SDM sesuai dengankebutuhan.

3. Perumusan Kebijakan dan Prosedur Operasi Standar Layanan TIK Universitas, antara lain:

  1. Evaluasi dan peninjauan secara berkala sistem eksisting sesuai dengan pengembangan dan kebutuhan sistem kedepan;
  2. Penyusunan Manual dan Prosedur Operasi Standar setiap layanan TIK;
  3. Perumusan Kebijakan sesuai dengan standar pengembangan kedepan.

 

Selanjutnya berdasarkan pada hasil pemetaan kesenjangan infrastruktur dan perangkat yang ada,program kerja yang akan dilaksanakan mencakup hal-hal berikut :

4. Sistem Informasi dan perangkat TIK yang mendukung optimasi pemanfaatan TIK guna mendukung proses akademik, dengan menyediakan sumber daya dan fasilitas, meliputi:

  1. Pengembangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Online dan Sistem Registrasi/HerregistrasiMahasiswa Online, Sistem Pendaftaran Wisuda Online, Sistem Tracer Study Online, Sistem Borang Kepuasan Pengajaran Online, Sistem Informasi Manajemen Kinerja, Sistem Beban Kerja Dosen (BKD), dll;
  2. Pengembangan toolsheet dan web publishing universitas, fakultas, lembaga dan Unit-unit;
  3. Pengembangan sistem informasi pembelajaran dan e-learning;
  4. Pengembangan dan Peningkatan dukungan infrastruktur guna meningkatkan aksesibilitas pengguna;
  5. Integrasi SIA Online untuk seluruh jenjang pendidikan, dan unit kerja serta Simkinerja, dan Sidak;
  6. Integrasi SIM Akademik, SIM Perencanaan, SIM Keuangan, SIM Audit Internal, SIM Kepegawian dan SIM Penganggaran Online untuk seluruh jenjang pendidikan, dan unit kerja serta.

5. Optimalisasi Perkembangan berbasis TIK

Pengembangan TIK dapat mendukung kegiatan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,mencakup:

  1. Pengembangan sistem kolaborasi information technology membership organizations berbasis open source;
  2. Mengakselerasi campuswide wireless network access;
  3. Penyempurnaan SI Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dan mengintegrasikan denganSistem informasi eksekutif dan manajemen evaluasi diri;
  4. Mengembangkan dan meningkatkan peran Komite Sistem Informasi.

6. Optimalisasi sistem elaborasi dan komunikasi antar stakeholder. Peningkatan sistem TIK yang dapat 

mendukung terselenggaranya interaksi antar stakeholder, mencakup:

  1. Revitalisasi Sistem Informasi Alumni dan Kerjasama;
  2. Pengembangan e-mobile dan transaksi online lainnya;
  3. Integrasi Sistem Layanan Perbankan di Kampus UNMUL.

7. Pengembangan Server Pusat, Jaringan Universitas dan Security TIK

Penggunaan jaringan yang melibatkan data dan informasi krusial,

diselenggarakan dengan jaminan kualitas dan keamanan yang tinggi, mencakup;

  1. Peningkatan Bandwidth dan jumlah provider;
  2. Peningkatan dan Pengembangan sistem pemantauan jaringan;
  3. Optimalisasi net center dan integrasi jardiknas dan jaringan intranet universitas;
  4. Peningkatan sekuriti dan proteksi internal dan eksternal jaringan.

8. Revitalisasi University Enterprise System, di mana Enterprise System mendukung proses bisnis dasar, termasuk :

  1. Pengembangan data warehouse;
  2. Revitalisasi Sistem Penjamin Mutu Akademik berbasis TIK;
  3. Integrasi Sistem Informasi Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi eksekutif dan manajemenevaluasi diri

Selain program kerja di atas, beberapa program lain yang akan dilaksanakan untuk memberikan hasil yang optimal dalam pemanfaatan TIK, perlu dilaksanakan, program kerja berikut ini:

Program Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi Staf TIK:

Untuk meningkatkan kompetensi dan Kualifikasi Staf TIK sesuai dengan bidang keahlian masing-masing perlu dilakukan traning, workshop, baik skala nasional, maupun internasional;

Pelatihan Penggunaan dan Pemanfaatan software opensource:

Kecenderungan memanfaatkan aplikasi opensource merupakan sesuatu yang sangat strategis, disamping dapat menurunkan ketergantungan pada software berbayar yang cenderung meningkat harganya. 

Pengadaan Perangkat Komputer bagi Civitas Akademika:

sivitas akademika, terutama mahasiswa merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran dan setiap aktivitas di kampus. 

Pengadaan komputer bagi mahasiswa akan meningkatkan pemanfaatan teknologi dan sistem informasi yang diselenggarakan universitas, dengan demikian akan terciptasuatu siklus implementasi teknologi yang optimal.

Selengkapnya Silahkan Download Buku Profil dan Program Kerja TIK