Sambutan-Kepala-TIK

Sambutan Kepala UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Mulawarman

 

Dr. Ir. Hamdani, S.T., M.Cs.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Saya dan staff bangga memperkenalkan UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) senantiasa melayani dengan sumber daya yang tersedia hingga dapat berjalan dengan maksimal. UPT. TIK dibentuk mulai tahun 2015 sesuai dengan OTK UNMUL yang merupakan gabungan dari Pusat Komputer (Puskom) dan UPT. Distance Learning (DL) yang melayani sistem informasi secara umum.

Sejalan dengan visi misi UNMUL untuk mencapai program internasionalisasi, saya dan staff UPT. TIK berkeyakinan dengan kerjasama tim yang solid antar pimpinan dan staff maka, tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik. Selain dikarenakan kami mempunyai program menjaga, merawat dan mengembangan infrastruktur jaringan dan sistem aplikasi di UNMUL dengan dukungan beberapa stakeholders baik staff tendik, dosen, dan mahasiswa serta para alumni sehingga menjadikan kami lebih bersemangat untuk mencapai tujuan yang baik dan mulia. Sejak tahun 2017 kapasitas bandwidth yang dimiliki sudah mencapai 1,3 Gigabit per second (Gbps) dan terhitung tahun 2020 sudah mempunyai kapasitas bandwidth 2 Gbps yang selanjutnya akan terus kami tingkatkan sehingga dapat memaksimalkan layanan seluruh civitas akademika di UNMUL pada penggunaan Internet Kampus. Alhamdulillah, saat ini infrastrutur jaringan fiber optik (FO) antar gedung rektorat (gedung pusat), fakultas serta unit-unit lainnya sudah tersambung dan masih dibantu dengan sistem radio untuk unit tertentu. Tahun 2020 kami menggunakan FO berkapasitas 228 core yang terhubung ke semua Gedung bantuan Islamic Development Bank (IsDB) di kampus gunung kelua. Program selanjutnya, kami selalu berusaha mengganti semua perangkat yang sudah usang seperti Server, Storage, Router, Access Point dan Switch Access yang menjadi permasalahan utama. Selanjutnya, kami UPT. TIK senantiasa memperbaiki kekurangan layanan untuk civitas Universitas Mulawarman menjadi lebih baik.

Informasi lebih lanjut tentang UPT. TIK akan kami jelaskan lebih lengkap dan terbarukan melalui website kami pada alamat http://ict.unmul.ac.id. Kami senang bisa bertemu dengan Anda saat berkunjung ke UPT. TIK dengan akhir kata, semoga apa yang telah dilakukan ini mendapat ridha dari Tuhan Yang Maha Esa. Amiin YRA.

.