Pemberitahuan: Terjadi Gangguan Layanan pada hari Rabu, 13 November 2019

SURAT PEMBERITAHUAN

 

Pada hari Rabu, 13 November 2019 terjadi serangan Malware pada seluruh domain *.unmul.ac.id. Hingga hari Kamis ini masih dilakukan pembersihan beberapa domain yang terdeteksi disusupi oleh Malware yang dapat membahayakan komputer pengguna di lingkungan Universitas Mulawarman.

Apa itu Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Kerusakan sistem komputer yang diakibatkan Malware memungkinkan juga terjadi pencurian data atau informasi di sistem komputer. Pada umumnya Malware adalah mendownload/upload software dari tempat ilegal yang mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, serta software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Karena diakibatkan Malware, Google melakukan bloking ke beberapa sub domain yang diakses melalui browser Firefox dan Google Chrome. Bagi pengguna aplikasi di bawah unmul.ac.id masih dapat melakukan akses web dilingkungan Universitas Mulawarman dengan menggunakan browser lain; seperti Safari, Opera, atau Puffin.

Oleh karena itu, kami masih berusaha agar semua aplikasi di bawah domain unmul.ac.id dapat terkendali semua, dan mohon maaf apabila permasalahan ini menghabat pekerjaan Bapak/ibu

Kepala UPT TIK

 

Dr. Hamdani